Bastory Peresmian Baileo Negeri Haruku ("ASARI AMANO PELASONA NANUROKO")

by - 14.23

Begitu seru perjalan beta kali ini ke kampung halaman tercinta. Dimana perjalanan beta kali ini beta di temani seorang teman bernama bung Ongen Pesireron, dia adalah salah satu reporter Tv lokal di ambon. nah sahabat beta semua, kali ini beta buat perjalanan ke Negeri Haruku  dengan maksud yang sangat penting dimana beta ingin pulang untuk menyaksikan langsung peresmian Rumah adat / baileo negeri haruku yang disebut dalam bahasa adatnynya ''Asari Amano Pelasona Nanuroko''. karena semenjak pemasangan Atap dan Hungkotu baileo dilakukan, beta tidak bisa pulang untuk mengikuti ritual adatnya. adapun peresmian baileo ini dilakukan bukan karena Negeri haruku baru memiliki baileo, tetapi  pembangunan ulang baileo ini terjadi akibat  musibah alam 43 tahun yang lalu dimana pengikisan pantai oleh air laut yang mengakibatkan Baileo Haruku rusak.

Saat itu waktu menunjukan Pukul 06.38 Wit, dimana hp beta berdering dan ternyata itu sebuah panggilan dari bung Ongen untuk menanyakan keberadaan beta. setelah memberikan kepastian perjalan yang akan kita lakukan beta mulai bergegas untuk menyiapkan diri. pukul 07.10 wit beta mulai melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua ke pelabuhan penyeberangan yang letaknya di Negeri Tulehu yang kurang lebih 30 menit panjang waktu perjalan yang beta tempuh.
setiba beta di pelabuhan Tulehu ternyata bung ongen sudah lebih dulu sampai.. akhirnya atas perintah Raja Haruku kami berdua beserta beberapa orang tamu undangan di angkut lebih awal ke negeri haruku.
Akhirnya kami tiba di labuang vector (julukan untuk labuang negeri Haruku) yang mana udara segar pagi masih terasa di kulit pipih. sesampainya kami di Negeri Haruku, kami dibawa oleh beberapa tokoh masyarakat menuju rumah Raja untuk menikmati sarapan pagi.

Setelah kurang lebih 3 jam mempersiapkan diri untuk mengikuti acara seremonial peresmian baileo  Negeri Haruku, maka tibalah waktunya...

TIFA DAN TAHURI


TARIAN CAKALELE ALIFURU

TARI LENGSO

Rombongan Bupatti Maluku Tengah disamput dengan tifa, tahuri dan tari - tarian, salah satunya adalah tarian cakalele Alifuru yang slalu menjadi tarian utama dalam acara penyambutan di Negeri Haruku-sameth. Acara ritual adat penyambutan ini dilakukan di Negeri Sameth oleh tua-tua adat Negeri Sameth. Para tamu dan undangan dibawa tua-tua adat Negeri Sameth menuju ke negeri Haruku untuk diterima oleh tua-tua adat Negeri Haruku.
Setelah diterima oleh tua-tua adat dan Raja Negeri Haruku, Bupatti diiring ke Baileo (Asari Amano Pelasona Nanuroko) untuk diresmikan.

BUPATI MALUKU TENGAH

BUPATI SAAT DIDEPAN BAILEO
BAILEO DIRESMIKAN OLEH BUPATI MALTENG


Sesampainya Bupati dan Rombongan ke dalam Baileo maka dibacakanlah sejarah singkat berdirinya negeri Haruku, yang dilakukan untuk mengenang perjalanan terbentuknya Negeri Haruku dari 7 Aman yang terpencar-pencar menjadi satu kesatuan.
Negeri Haruku sendiri Memiliki  5 SOA (Marga Besar/ Clan)  yang menjadi dasar pembagian fungsi dalam menjalankan sistem pemerintahan di Negeri Haruku.

SANIRI NEGERI


VOC.Group




Peresmian  baileo ditandai dengan ditandatanganinya batu prasasti oleh Bupatti Maluku Tengah Abuah Tuasikal, SH dan Direktur kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi  Dra. Sri Hartini, M.Si 
Setelah iu acara ini masih dilanjutkan dengaan kegiatan makan Patita (makan bersama).yang dihibur dengan Voc. group dan  artis Lokal.

MAKAN PATITA




MAKAN PATITA
sungguh menyenangkanbisa melihat dan menyaksikan langsung  acara peresmian Baeileo Asari Amano Pelasona Nanuroko.
Ini menjadi sejarah yang tak bisa dilupakan oleh kita dan generasi kita dimana tatananan adat masih terjaga dengan baik di kedua Negeri HARUKU_SAMETH.


"ASARI AMANO PELSONA NANUROKO"

Sekian story dari beta........ sampe baku dapa lai di Bastory yang lain.... Amattooo.....

























You May Also Like

1 komentar

Music Weblog